Warung Bakmi Solo |
Nama Kelompok: 1. Dwi Anggraini
2.
Listya Sukmawita Sari
3. Wulan Noviani
Kelas : 1
EB18Pada tugas Dasar Pemasaran ini kami mencari satu toko untuk di analisis. Toko yang memiliki ciri-ciri SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threats). Dimana pada tugas ini kami menganalisis objek yang memiliki ciri-ciri SWOT yaitu Toko Bakmi Solo. Menurut kami Bakmi Solo memiliki kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, sehingga kami menganalisis Bakmi Solo.
Bakmi Solo terletak
disekitar kampus Gunadarma. Bakmi Solo berdiri sejak tahun 2000an, hingga
sekarang sudah berdiri sekitar 12 tahun. Ini hasil analisi kami:
1.
Strength (Kekuatan) :
a. Memiliki fasilitas yang baik, karena
sudah memiliki ruko tetap. Berbeda dengan pesaingnya yang belum mempunya ruko
tetap. Karena Bakmi Solo memiliki fasilitas seperti Kipas Angin.
b. Banyaknya menu makanan dan minuman
yang ditawarkan kepada konsumen sehingga konsumen tidak merasa jenuh dengan
menu makanan yang disediakan.
c. Harga yang lebih murah dari pesaing
sehingga memberi peluang untuk Toko Bakmi Solo menarik perhatian konsumen.
d. Cita rasa yang dapat memuaskan
konsumen sehingga konsumen merasa puas dan tertarik untuk kembali membeli.
e. Pelayanan yang sangat baik, seperti
Kebersihan, Kerapihan dan Keramahan karyawan yang membuat konsumen merasa
nyaman.
f.
Dan
mampu memberi pelayanan pesanan untuk diantar (delivery), sehingga memudahkan
konsumen yang sibuk atau tidak dapat ke toko untuk membeli.
2.
Weakneas (Kelemahan) :
a. Lokasinya kurang strategis karena
berada di belakang Superindo yang sulit orang ketahui.
b. Kurangnya karyawan sehingga konsumen
harus menunggu pesanan agak lama.
c. Tempatnya yang kurang luas sehingga konsumen
harus menunggu lama jika tempatnya tidak cukup.
d. Bakmi Solo menempati Ruko tersebut
dengan menyewa, sehingga ada ancaman untuk keluar atau pindah dari Ruko
tersebut.
3.
Opportunity (Peluang) :
Jika Toko Bakmi Solo
memiliki tempat sendiri dan tidak harus menyewa tempat , toko ini memiliki
peluang yang sangat besar untuk memajukan usahanya. Selain masalah tempat yang
harus diatasi, fasilitas yang ada saat ini juga harus perlahan-lahan
ditingkatkan untuk memenuhi kepuasan konsumen di masa mendatang . Serta jika
Bakmi Solo memiliki lokasi yang lebih strategis maka akan banyak konsumen yang
datang untuk membeli
4.
Threats (Ancaman) :
a. Banyaknya pesaing yang lokasinya
lebih strategis.
b. Bakmi Solo menempati Ruko tersebut
dengan menyewa, sehingga ada ancaman untuk keluar atau pindah dari Ruko
tersebut.
Itu analisis dari kami tentang objek yang kami pilih
yaitu Bakmi Solo. Kami juga menanyakan langsung kepada pemilik Bakmi Solo
mengenai promosi ( cara supaya konsumen tertarik) dan kami juga menanyakan
langsung ke konsumen bagaimana mengenai harga dan cita rasa, pelayanan yang
memuaskan atau tidak serta memenuhi kebutuhan konsumen atau tidak.
Sekilas
cerita Pak’ De pemilik Toko Bakmi Solo, Bakmi Solo berdiri sejak tahun 2000.
Hingga kini sudah berdiri sekitar 12 tahun, Bakmi solo buka dari Pukul 08-00
sampai 21.00 .
Pak’ De sang pemilik toko Bakmi Solo
mengatakan tokonya tersebut memiliki keunikan tersendiri, seperti menu makanan
yang ditawarkan itu bermacam-macam bukan hanyaa bakso dan mie ayam tetapi nasi
dan lauk pauknya. Pak’ De memiliki strategi khusus untuk menarik perhatian
konsumen, seperti ketika akan membuka toko Bakmi Solo, Pak’ De melakukan
promosi dengan menyebarkan brosur ke komplek-komplek perumahan dan ditempat
yang ramai dengan menawarkan harga yang lebih murah dari harga pasaran, itu
dilakukan untuk menarik perhatian konsumen. Menurut Pak’ De kenyamanan konsumen
itu sangat diutamakan dengan cara memberi pelayanan yang baik kepada konsumen.
Seperti, Keramahan karyawan saat
melayani konsumen, Kerapihan dan Kebersihan tempat makan sehingga
konsumen merasa nyaman. Kualitas yang baik dan higenies itu adalah keunggulan
Toko Bakmi Solo milik Pak’ De.
Menurut Yurika dan Irin kelas 2
PA 07, mereka merupakan anak Universitas Gunadarma. Menurut Yurika dan Irin
mengatakan bahwa Bakmi Solo untuk rasanya enak, harganya terjangkau,
pelayanannya baik dari karyawannya yang ramah, tempatnya juga bersih,
sehingga mereka merasa puas dengan pelayanannya. Tetapi mereka juga
mengatakan ada kekurangan, seperti tempatnya yang kurang luas sehingga
terasa agak panas dan harus menunggu lama ketika tempatnya sudah ramai.
|
Kami juga menanyakan langsung ke
konsumen bagaimana pendapat mereka mengenai toko Bakmi solo. Menurut Yurika dan Irin kelas 2 PA
07, mereka merupakan anak Universitas Gunadarma. Menurut Yurika dan Irin
mengatakan bahwa Bakmi Solo untuk rasanya enak, harganya terjangkau,
pelayanannya baik dari karyawannya yang ramah, tempatnya juga bersih, sehingga mereka
merasa puas dengan pelayanannya. Tetapi mereka juga mengatakan ada kekurangan,
seperti tempatnya yang kurang luas sehingga terasa agak panas dan harus
menunggu lama ketika tempatnya sudah ramai.
Demikian hasil analisis dari kelompok kami. Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat bagi pembaca
Demikian hasil analisis dari kelompok kami. Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat bagi pembaca
Tidak ada komentar:
Posting Komentar